Pantas Naik Jenjang, Sekdes Simpado Berguru Wirausaha kepada Ketua Kadin Batubara

Upaya Jefri Maulana Sekretaris Desa (Sekdes) Simpang Dolok (Simpado) Kecamatan Datuk Limapuluh, Batubara kali ini rasanya pantas dapat apresiasi.

topmetro.news – Upaya Jefri Maulana Sekretaris Desa (Sekdes) Simpang Dolok (Simpado) Kecamatan Datuk Limapuluh, Batubara kali ini rasanya pantas dapat apresiasi.

Pemuda yang lahir dan besar di Desa Simpado itu, rupanya tidak cukup puas bila hanya menguasai sistem administrasi desa saja. Jefri panggilan akrab sang Sekdes, diam-diam berguru tentang kewirausahaan kepada Ketua Kamar Dagang Dan Industri (Kadin) Batubara H OK Faizal Rayhan SE.

Rabu (20/7/2022), sekira pukul 15.00 WIB, Jefri pun kepergok awak media ini. Ia terlihat sedang asik berbincang dengan Sang Ketua Kadin Batubara di D’Container (DC) Kopi di belakang Taman Limapuluh. Tak cuma berdua dengan H OK Fiazal. Rupanya di lokasi itu juga tampak pula Mukhrizal Arif SPd MPd (Ketua DPD KNPI Batubara), yang duduk semeja namun terkesan seperti pendengar budiman.

Semakin awak media ini melihat lebih dekat, ternyata di tempat itu hadir juga beberapa tokoh masyarakat asal Desa Simpang Dolok yang tak asing di kalangan masyarakat Batubara. Antara lain, Rustam Efendy SAg dan Erwin Ahmad. Akan tetapi posisi duduk keduanya persis di sebelah meja dan kursi Jefri, Mukhrizal Arif, dan OK Faizal.

Kemudian media ini pun mencoba menguping perbincangan antara Jefri dengan OK Faizal dan Mukhrizal Arif. Dan setelah lebih dulu meminta izin dalam rangka peliputan berita, dapat kesimpulan, bahwa Ketua Kadin lebih banyak bercerita soal pengembangan usaha. Baik secara teknis maupun kiat untuk pengembangan usaha mikro bagi masyarakat desa.

Selanjutnya usai perbincangan, sebelum beranjak pergi dari DC Kopi, Jefri pun mengatakan bahwa dari perbincangan singkat itu ia banyak mendapatkan ilmu tentang kewirausahaan. Terutama terkait tata cara me-menej sebuah usaha berbasis UMKM. Juga soal bagaimana mengefisienkan sumber permodalan awal yang kecil, namun menghasilkan profit memadai.

“Karena memiliki jiwa enterpreneurship yamg kuat, merupakan dasar dari cita-cita yang menginginkan agar masyarakat khususnya di Desa Simpang Dolok menjadi pelaku-pelaku usaha yang mandiri, maju dan berkembang. Tak sekadar cuma punya usaha. Karena sejak dulu sebagian besar profesi warga kami adalah pelaku usaha atau istilahnya pedagang,” tutur Jefri.

Kades Simpado

Sementara itu, Rustam Efendy salah seorang tokoh masyarakat Desa Simpang Dolok mengungkapkan, bahwa Jefri merupakan sosok sekdes yang kreatif dan berjiwa innovatif. Lebih lanjut Rustam mengatakan, banyak masyrakat menginginkan agar Jefri bisa naik peringkat menjadi Kepala Desa (Kades) Simpang Dolok.

“Memang sampai hari ini, kami yang terus mendesak agar Jefri mau maju. Dan mencalonkan diri sebagai kades dalam Pemilihan Kades Serentak di Kabupten Batubara yang akan berlangsung pada akhir tahun 2022 ini. Karena yang bersangkutan sangat layak. Bukan hanya karena putra asli Simpang Dolok. Namun secara kinerja Jefri cukup baik selama enam tahun ia menjabat sebagai sekdes,” puji Rustam.

reporter | Bima IS Pasaribu

Related posts

Leave a Comment